Nyemil Sore Pempek Bangka Jalan Blora Jakarta

“Sudah lama enggak kelihatan Pak?”

“Iya, si bos pulang kampung. Kalo bos pulang ke Bangka, saya libur.”

Begitulah obrolan pembuka saya dengan Pak Yanto, pedagang Pempek Bangka langganan, di tepi Jalan Blora, Jakarta Pusat. Sederetan Koperasi Kosgoro.

Jalan Blora adalah titik temu saya dengan Sisy, sore hari sepulang kantor. Letaknya di tengah-tengah kantor kami. Awalnya, Sisy tergoda dengan tulisan “Pempek Bangka” yang tertera di sepeda Pak Yanto. Dari situlah, Pempek Bangka dagangan Pak Yanto ini hampir selalu menjadi pilihan jajanan ganjel perut kami saat macet.

Pak Yanto menjual dagangannya dengan sederhana. Ia berkeliling menggunakan sepeda, dengan sekotak Pempek Bangka aneka jenis yang tentunya menggiurkan. Sosok Pak Yanto yang ramah, membuat para pelanggannya rela hinggap sejenak mendengarkan ceritanya.

“Kalau pagi sampai siang seperti biasa Mas, saya di depan Sarinah. Sudah banyak yang habis kalau sore. Jadi, kalau kepengen (jenis pempek) yang mana bisa telpon saya dulu aja,” kata Pak Yanto.

Terakhir saya beli, masih ada pempek adaan (bulet), keriting, kulit, lenjer kecil, dan kapal selam mini. Sisy suka adaan dan kulit. Sedangkan saya suka semuanya. Haha. Bagi yang lebih suka dominan berasa ikannya, kami rekomendasikan beli yang adaan atau kulit.

Tapi untuk awal biar enggak penasaran mendingan beli semua jenisnya. Biar bisa ngerasain mana yang paling pas di lidah. Soalnya Pempek Bangka ini seringkali jadi inceran para pekerja kantoran yang lalu lalang di sekitar Stasiun Sudirman.

Meskipun sudah tidak hangat, pempek ini pas banget untuk masuk perut sore-sore. Mayoritas pempeknya direbus, ada beberapa yang digoreng. Kita bisa milih pilihan kuahnya, mau kuah cuka berwarna hitam, kuah merah atau dicocol sambal hijau. Saya dan Sisy memilih kuah merah. Setelah pempek sudah dilibas, giliran kuahnya nyusul diseruput. Uenak.

Kalau lagi ada di sekitar Stasiun Sudirman sore-sore yuk cobain pempeknya. Mayan buat teman ngunyah menelusuri kemacetan Jakarta.

 

Pak Yanto sedang melayani pelanggan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s