Esai Foto : Kisah Penyintas Covid-19, Sepi Sunyi Sebatang Kara

Setiap hari Harry Dalle (73) datang ke makam sang adik Martin Dalle dalam kondisi cuaca apapun. Terik matahari dan guyuran hujan tak memadamkan semangatnya untuk terus hadir di sisi pusara adik tersayangnya.

Harry salah satu penyintas yang paling merasakan dampak dari pandemi Covid-19. Pandemi telah merenggut nyawa Marthen, orang yang paling ia cintai. Saat merawat adiknya itu, Harry terinfeksi Covid-19 sehingga harus diisolasi.

“Jika tidak tertular (Covid-19) saat merawat adik saya di rumah sakit, saya tidak perlu diisolasi, agar saya bisa terus merawat adik saya dengan lebih baik hingga sembuh.”  ujar Harry saat berziarah ke makam Marthen saat perayaan Hari Raya Natal di TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur.

Sebelumnya Marthen melepaskan pekerjaannya sebagai pelaut. Ia pun berpisah dengan istrinya yang telah menikah kembali. Tak ada sepeserpun harta yang ia bawa. Hanya Harry satu-satunya keluarga terdekat yang tinggal serumah menjadi kawan hidup Harry yang kini hidup sebatang kara, sepeninggal Marthen.

Selama Harry menjalani masa isolasi, kondisi Marthen pun terus memburuk. Setelah 15 hari masa isolasi dengan hasil tes negatif Covid-19, harry pulang ke rumah. Namun dia menemukan kondisi adiknya yang semakin menurun. Tak lama, berita duka hinggap di hati Harry. Marthen meninggal di usia 67 tahun karena penyakit kanker tulang belakang.

Rasa sedih Harry pada perayaan Natal 2020 menjelang pergantian tahun baru tak terbendung. Ia terus menerus mengucap nama Marthen dalam sepi dan kesendiriannya.

Teks & Foto : Kuncoro Widyo Rumpoko

Editor : Ryan A. Syakur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s